Gelar Bincang Kepenulisan, Bazar FLP Ranting Unismuh Ramai Pengunjung

Forum Lingkar Pena Ranting Unismuh Makassar menggelar bazar sekaligus bincang-bincang artikel dan cerpen di Warkop Bundu, Jl. Talasalapang raya, Makassar, Jumat (29/12/17). 

Kegiatan ini menghadirkan dua kader FLP Makassar sebagai pembicara, Batara Al-Isra dan S. Marindra. Turut hadir pula dalam kegiatan ini ketua FLP Makassar, Muh. Hidayat. 

Dalam penyampaian S. Marindra di hadapan kurang lebih 50 tamu di acara tersebut, menegaskan penting menulis sebagai nasihat pada diri sendiri. "Menulis adalah menyampaikan kebaikan, bukan sebaliknya. Maka akan menjadi dorongan tersendiri bagi penulis agar tidak menyalahi tulisan-tulisannya sendiri."

Proses dialog yang dipandu oleh Irfandi, Ketua FLP Ranting Unismuh, berlangsung cukup interaktif. Peserta cukup berantusias bertanya seputar kepenulisan cerpen mau pun artikel. 

"Makalah atau tugas kuliah tentu dapat disulap menjadi karya, esai. Tapi pahami isinya untuk menarik kesimpulan. Jika ingin  dikemas dalam bentuk cerpen, banyak yang bisa diceritakan tentang proses pembuatan tugas kuliah. Misal, teman yang suka nitip dikerjakan tugas, dsb" tutur Batara Al-Isra, menjawab pertanyaan salah seorang peserta.

Awaluddin, salah satu peserta kegiatan mengungkapkan apresiasinya dengan kegiatan ini, menurutnya, ada pengetahuan yang dapat diambil yakni perbedaan mendasar antara artikel dan cerpen adalah artikel harus berdasrkan fakta dan data, sedangkan cerpen tanpa harus menggunakan data dan fakta, bisa jadi dari imajinasi penulis.

Ada pun harapan pencapaian dari acara ini, Irfandi, selaku Ketua FLP Ranting Unismuh berharap semoga akan timbul perhatian khusus atau kesadaran teman-teman yang turut hadir tentang pentingnya menulis.

3 komentar: